Rabu, 11 Februari 2015

Bajul Mati, Pesonamu Memang Tak Pernah Mati

Keluarga saya memiliki agenda liburan bersama setiap setahun sekali. Tepat pada pertengahan tahun 2014 kemarin, kami memilih berlibur di Malang. Kami sekeluarga sangat penasaran berkunjung di Pantai Bajul Mati yang konon tergolong tempat wisata anyar di Malang, karena pantai tersebut barusan dikelolah pemda pada tahun 2011 silam. Destinasi tersebut kami pilih karena tak jauh dari tempat tinggal kami di Surabaya.

Bedasarkan informasi yang saya peroleh di dunia maya, Pantai Bajul mati terletak di Desa Bajul Mati, Kelurahan Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Malang. Lokasi tersebut tak jauh dari deretan Pantai Malang Selatan lainnya, seperti Pantai Sendang Biru dan Pantai Bale Kambang.
            
Kami sekeluarga menghabiskan waktu perjalanan 5 jam dari Surabaya menuju lokasi tujuan. Selama perjalanan, mobil kami harus melewati tanjakan yang berliku-liku. Pengemudi harus ekstra hati-hati, karena banyak tikungan tajam, meskipun jalan dalam kondisi mulus. Kebugaran kendaraan juga harus dipertimbangkan sebelum berangkat, karena kondisi jalanan yang sepi, sehingga tidak mudah untuk memperoleh pertolongan.
            
Sebelum sampai pada lokasi, kami melewati Jembatan Bajul Mati yang  memiliki desain setengah lingkaran. Pada bawah jembatan dialiri sungai yang bermuara langsung di laut. Pemandangan sekitar jembatan juga dihiasi bukit-bukit hijau yang nan asri.
            
Memasuki kawasan wisata ini hanya dikenakan tiket Rp 4000 per orang. Pantai itu dinamakan Bajul Mati karena banyak gugusan bukit disebrang pantai bentuknya terlihat seperti buaya mati. Pantainya luas dengan hamparan pasir putih, sangat cocok untuk bermain voli atau berjemur. Ombaknya pun cukup besar, seolah-olah menyapa pengunjung. Benar-benar pemandangan yang memanjakan mata.
            
Sayangnya, pantai tersebut terdapat larangan untuk berenang. Layaknya pantai selatan lainnya, yang memiliki struktur pantai yang curam dan dalam. Eitz, tapi jangan kuatir, pengunjung masih bisa berenang di spot bagian barat Pantai Bajul Mati. Spot tersebut relatif aman bagi pengunjung untuk menikmati air Pantai Bajul Mati.

            
Benar-benar puas liburan kali ini, rasanya ingin mengulang kembali berkunjung kesana. Keindahan pantainya yang tak kalah seperti pantai-pantai di Bali. Kami sekeluarga masih tidak menyangka Malang memiliki pantai yang indah dan belum terjamah oleh tangan manusia. Pesonamu, sungguh tak pernah mati.








Tidak ada komentar: